4 Dampak Buruk Sosmed Terhadap Remaja

Ilustrasi Sosial Media
Sosial Media atau Sosmed bagaikan pisau bermata dua yang banyak memiliki nilai negatafi dan nilai positif. Dan tidak dapat kita pungkiri hampir setengah dari seluruh pengguna sosial media adalah anak - anak remaja.

Oleh sebab itu, diperlukan kehati-hatian bagi orang tua agar dampak efek negatif dari media sosial tak terlalu menggregoti mereka. Dikutip dari buku 17 Rumus Keren Berinternet, ada empat dampak efek negatif dari media sosial.

Berikut empat efek negatif jejaring media sosial bagi anak dan remaja:

1. Malas

Remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika sejak kecil mereka terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.

2. Tak peduli lingkungan

Situs jejaring sosial akan membuat remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan mereka menjadi kurang berempati di dunia nyata.

3. Sulit berkomunikasi

Bagi remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata. Hal ini tentunya akan memengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam ejaan dan tata bahasa.

4. Awas predator kejahatan

Situs jejaring sosial adalah lahan subur bagi predator kejahatan. Tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru dikenal remaja di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.